CONTENT MARKETING sebagai strategi SEO

Apa itu content marketing??

Content marketing adalah usaha-usaha pemasaran yang dilakukan dengan cara menyediakan konten yang bermanfaat untuk orang lain dengan tujuan agar mereka mengenal bisnis/usaha anda.

Pentingnya Content Marketing

Content marketing saat ini memang sangat powerful.

Bahkan, salah satu statistik menunjukkan bahwa berbagai brand di dunia berinvestasi total 44 miliar dollar untuk mengembangkan kontennya tahun 2013.

Banyak marketer yang masih bingung ketika masuk dalam strategi content marketing.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh BrightEdge 93% dari marketer akan meningkatkan anggaran konten setidaknya 10 persen pada  jika mereka bisa mengidentifikasi konten apa yang paling efektif untuk menarik audience mereka.

Selain itu, mayoritas marketer semakin fokus pada pencarian organik (organic search) sebagai sarana untuk mendorong ROI (return of investment).

SEO modern adalah content marketing + SEO

Sejak jaman dulu, orang-orang yang antusias dengan SEO selalu berusaha mencari celah-celah bagaimana websitenya bisa mendapatkan peringkat yang tinggi di Google.

Entah itu dengan mempermainkan keyword, backlink, maupun social signal.

Tetapi kunci dari SEO, untuk sekarang dan di masa depan, bisa kita bongkar dengan cara melihat apa yang sebenarnya semua pihak di dalamnya inginkan.

Ada 3 pihak dalam SEO: pengguna, website, dan Google.

Pengguna ingin mendapatkan informasi terbaik secepat mungkin. Untuk memuaskan pengguna, Google akan menempatkan informasi terbaik di posisi teratas.

Maka dari itu untuk mendapatkan posisi teratas ,caranya adalah menyediakan informasi terbaik. Karena itulah konten memegang peranan terpenting.

Konten yang baik adalah informasi yang berkualitas.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa dalam digital marketing posisi SEO dan Content Marketing saling berhubungan.

Tidak semua konten baik untuk SEO. Kalau dibuat secara asal-asalan, tidak akan menghasilkan apapun.

Manusia tidak ingin membaca banyak konten yang tidak masuk akal, demikian pula dengan Google.

Karena itu perhatikan aturan main berikut:

1. Selalu utamakan kualitas konten

2. Kuantitas konten tidak terlalu penting

3. Google me-rangking halaman, bukan website

4. Konten berkualitas saja belum cukup

5. Penggunaan keyword

Ada 4 kesalahan utama dalam penggunaan keyword untuk konten:
  1. Keyword stuffing – menggunakan kata kunci yang sama berulang-ulang dalam satu halaman, harapannya supaya Google menganggap konten ini relevan dengan kata kunci, padahal berakibat fatal.
  2. Keyword umum – mengincar kata kunci yang terlalu umum atau luas tanpa peduli dengan search intent atau tujuan pencariannya.
  3. Tanpa keyword – kalau anda sudah mempublikasikan banyak konten, anda akan merasakan bahwa konten yang mengincar suatu keyword tertentu secara tepat akan mendapat volume pengunjung yang lebih besar daripada yang tidak mengincar sama sekali.
  4. Persaingan internal – 1 website umumnya hanya muncul sekali di satu halaman hasil pencarian.

Kesimpulannya

Intinya, content marketing dan SEO sangatlah berhubungan satu sama lain. 2 Hal tersebut harus berjalan berkesinambungan jika ingin membuat bisnis online Anda menghasilkan konversi penjualan

Tinggalkan komentar