What is SEO?

Pengertian dari SEO

Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses meningkatkan tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs /halaman web di hasil pencarian alami (pencarian tak-berbayarpencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

melakukan proses tertentu terhadap situs atau halaman web  agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita ,situs kita yang muncul paling atas /di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik.

Catatan:

  • Ingat istilah penting bersinonim berikut ini:Hasil pencarian SEO = hasil pencarian alami = hasil pencarian tak-berbayar = hasil pencarian non-iklan = hasil pencarian organik
  • Hasil pencarian non-SEO = hasil pencarian tidak alami = hasil pencarian berbayar = hasil pencarian iklan = hasil pencarian non-organik
  • SEO selalu alami/organik, tak berbayar, non-iklan.
  • Non-SEO selalu tidak alami /di iklankan

Kelebihan Dan Kekurangan SEO Non-SEO

KELEBIHAN

Optimasi SEO Optimasi Non -SEO
Jika sudah berada di halaman pertama hasil pencarian google sesuai kata kunci yang ditarget ,situs /
halaman akan memiliki
kesempatan tampil selama 24/7
secara terus menerus ,sampai ada
situs yang lebih unggul SEO nya.
Akibatnta ,situs /halaman tersebut
secara terus menerus mendapat
klik dari pengunjung internet
Jika di search di google bisa beradadi nomer 1,2,3 dari hasil pencaria
(berada di atas halaman yang di
SEO
tidak perlu membayar sepeserpun untuk menjadi teratas atau di halaman pertama selama 24/7 secara terus menerus . bisa langsung menjadi yang teratasdi hasil pencarian google ,dngan
rentang kurang dari 1 jam saja sehingga bisa langsung memasarkan
menampilakn informasi produk
atau jasa dan mendapatkan
keuntungan penjualan
lebih fleksibel menentukan judul dan deskripsi dari laman tersebut
membangun otoritas dari brand,
peusahaan,profesional,personal
secara online dengan lebih baik

KEKURANGAN

SEONON-SEO
tidak bisa hanya dalam waktu kurang dari 1 jam untukdaat muncul dihalaman pertaman google .Harus Butuh waktu berhari hariHasil pencarian situs/halaman ini disebut iklan(ads) ,iklan berbayar(paid-ads),atau hasil pencarian non-organik yang bukan merupakan penghuni tetap hasil pencarian google
Dibutuhkan biaya,waktu,dan usaha saat melakukan SEO(walaupun nanti hasilnya lebih permanen)Untuk dapat berada di halaman 1 hasil pencarian google ,dibutuhkan biaya iklan dan optimasi beberapa halterkait relevansi iklan ,pengalaman pengguna ,dan tingkat klik iklan
persaingan situs/halaman untuk masuk menjadi halaman pertama/teratas hasil pencarian google akan lebih tinggi dibanding non-SEOjika anggaran iklan habis ,maka iklan situs/halaman akanberhenti tayang darihalamanpertman hasil pencarian google saat itu juga

kesimpulannya adalah bahwa hasil pencarian SEO adalah hasil pencarian utama dan hasil pencarian non-SEO adalah hasil pencarian tambahan atau sementara.Adanya hasil pencarian utama ini,Google mendapatkan tambahan income yang sangat banyak. Itu kalau dari sisi bisnis.

Tapi tidak berarti hasil pencarian SEO tidak bernilai ,justru jika keduangnya bisa dioptimisasikan akan berdampak dan mempunyai manfaat lebih baik

TUJUAN SEO

Tujuan Dasar

Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP)

Tujuan Utama

Tujuan SEO yang utama adalah berikut ini:

  1. Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
    • Agar banyak pengunjung yang mendatangi situs kita dengan paling banyak dikliknya.
  2. Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda
    • Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih.
  3. Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinambungan

Manfaat SEO

Manfaat SEO adalah faktor-faktor positif yang terjadi setelah tercapainya tujuan-tujuan SEO tersebut: yaitu konversi mikro dan akhirnya konversi makro.

Konversi adalah penerimaan, persetujuan, dukungan, atau apapun perubahan positif para pengunjung internet terhadap semua elemen-elemen di situs web Anda

Manfaat SEO

  1. Konversi Umum
    • Meningkatnya popularitas dan otoritas situs web Anda sehingga mudah dijangkau oleh calon audience, pengguna informasi, atau konsumen produk/jasa yang Anda targetkan.
    • Meningkatnya otoritas, brand, dan kepercayaan konsumen atau komunitas terhadap perusahaan, professional, atau personal Anda, sehingga situs Anda menjadi acuan atau referensi di bidangnya.
  2. Konversi Utama
    • Akibat konversi umum di atas, maka terjadilah konversi mikro seperti kembalinya pengunjung ke situs Anda, waktu kunjungan yang relatif lebih lama, dan interaksi lainnya yang menyatakan penilaian positif pengunjung situs kepada situs web Anda.
    • Akibat konversi mikro di atas, maka tingkat pencapaian objektif utama situs web Anda juga akan meningkat. Inilah yang disebut dengan konversi makro: misalnya meningkatnya transaksi penjualan jika situs Anda berkategori situs komersial misalnya toko online atau agen perjalanan wisata,

Apa Keuntungan dari SEO?

Setelah manfaat SEO dirasakan, maka giliran tibalah keuntungan yang didambakan tiba. keuntungan materil berupa profit atau revenue akan didapat. Jika situs Anda terkait dengan yayasan dan kegiatan sosial atau pendidikan gratis bagi mereka yang tidak mampu atau jauh dipelosok daerah tanpa sekolah fisik, maka keuntungan moril menjadi pencapaian keuntungan SEO ini.

Jadi keuntungan yang bisa didapat dari SEO adalah keuntungan moril dan/atau keuntungan materil, sesuai objektif utama dari situs web Anda.

400x280-tabel-grafik-keuntungan-seo-benefit

Catatan penting: Karena keuntungan SEO adalah hasil akhir per satuan waktu yang dicapai, maka bisa dirumuskan ukuran pencapaian SEO Anda dalam satuan Keseluruhan Biaya SEO dibagi Total Keuntungan SEO (atau Total Cost SEO/Total Benefit SEO). Jika hasilnya kurang dari 1, maka artinya pencapaian SEO Anda belum optimal a.k.a. Optimisasi SEO Belum Optimal.

Tinggalkan komentar