Pengertian ,Fungsi dan Contoh Syntax JavaScript

Pengertian JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming Language.

Client Side Programming Language adalah tipe bahasa program yang prosesnya dilakukan oelh client itu sendiri. Aplikasi client yang dimaksud merujuk kepada web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Setiap situs pasti memiliki front end berupa kombinasi dari JavaScrit dan HTML dan CSS.

Bahasa pemrograman Client Side berbeda dengan bahasa pemrograman Server Sideseperti PHP, dimana untuk server side seluruh kode program dijalankan di sisi server.

Untuk menjalankan JavaScript, kita hanya membutuhkan aplikasi text editor dan web browserJavaScript memiliki fitur: high-level programming language, client-side, loosely tiped dan berorientasi objek.

Fungsi Javascript

 Javascript berfungsi membuat sebuah halaman website lebih interaktif dan dinamis. Penggunaan kode javascript sangat dibutuhkan untuk website-website yang berorientasi pada kenyamanan pengakses (user-experience). Penggunaan kode javascript ini tidak akan maksimal jika tidak dibarengi dengan penggunaan CSS karena javascript juga tidak akan lepas dari HTML.

Tanpa javascript, saat melakukan aksi tertentu, misalnya meng-klik pada sebuah halaman website, maka hasil atau respon dari hasil klik tersebut harus dimuat pada halaman lain. Hal ini tentunya merepotkan karena tidak setiap aksi klik menghasilkan hasil/output yang besar.

FrameWork Pada JavaScript

Framework JavaScript

  1. Angular JS Sebuah kerangka JavaScript sangat kuat untuk situs data berat
  2. JQuery , JQuery Mobile : Cepat, Kecil, JS perpustakaan objek yang mempersingkat bagaimana JavaScript bekerja dibrowser yang berbeda framework.
  3. js: Sebuah platform server-side yang menggunakan JavaScript, dan mengubah cara aplikasi real-time dapat berkomunikasi dengan server untuk waktu respon lebih cepat dan pengalaman pengguna yang lebih halus. Ia bekerja dengan framework lain JavaScript, Express.js, untuk membangun aplikasi Web server-side.
  4. Bootstrap: Kerangka mobile-first yang menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi responsif yang cepat
  5. DLL

Contoh Syntax JavaScript

Berikut adalah contoh syntax bila dimasukan langsung ke HTML,

<html><body>document.write("Hello World!")</body></html>

Tinggalkan komentar