Penjelasan Teknologi Mobile

Teknologi Mobile

Seperti yang kita ketahui di era zaman sekarang ini ,teknologi teknologi berkembang dengan sangat pesat .Salah satunya Teknologi komunikasi mobile/Teknologi Mobile .Telepon di temukan oleh Alexander Graham Bell. Hingga saat ini Komunikasi Mobile semakin berkembang, dimulai dengan tahun 1996 yang merupakan puncak nya perkembangan Komunikasi Mobile seperti Telepon, Pager dan HP. 

Kata ‘mobile’ itu sendiri bisa diartikan dengan bergerak.  Komunikasi mobile artinya siapa saja bisa berkomunikasi kapan pun dan dimanapun dengan jaringan komunikasi yang selalu ada dan seolah-olah ikut ‘bergerak’ bersama  pemakainya kemanapun

Untuk berkomunikasi secara mobile maka digunakanlah jaringan komunkasi tertentu. Terdapat arsitektur jaringan GSM (Global System for Mobile Communication), jaringan CDMA (Code Division Multiple Access), dan 3G.

Generasi telekomunikasi mengalami perkembangan dari 1G hingga 4G adalah sebagai berikut,

  • Generasi 1G ditandai denga adanya pengembangan sistem analog berkecepatan rendah yaitu teknologi AMPS (Advanced Mobile Phone System) dengan band frekuensi 800 Mhz .
  • Generasi 2G (GSM dan CDMA) GSM yang merupakan penggabungan antara FDMA dan TDMA. Sedangkan pada CDMA terdapat kode tertentu untuk membedakan pengguna pada frekuensi yang sama.Generasi 2,5 G adalah generasi yang adanya GPRS dan pemakaian EDGE
  • Generasi 3G merupakan generasi ketiga berkecepatan tinggi.  Ditandai dengan kemunculan teknologi UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) yang bertujuan untuk memberikan kecepatan akses data lebih baik dibanding GPRS – EDGE – GSM.
  • Generasi 3.5 G ditandai dengan munculnya teknologi untuk mengakses internet yang lebih cepat yaitu HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).
  • Generasi 4G ditandai dengan layanan akses internet yang lebih lengkap dengan basis Internet Protocol dan adanya pengembangan WiFi dan WiMax.

Manfaat Teknologi Mobile

Secara Personal,

  • Semakin mempermudah kita untuk berkomunikasi karena tidak hanya melalui pesan singkat atau panggilan saja tetapi juga bisa mengirimkan data berupa audio dan visual dengan lebih baik.
  • Komunikasi mobile juga semakin mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi yang cepat berkat akses internet di tangan. 
  • Update informasi terbaru mudah didapat dan diikuti perkembangannya.

Secara umum,

  • Berkomunikasi
  • Semakin Mudah dan cepat dalam mentransfer data
  • Memperoleh informasi

Sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi jaringan, maka hal ini juga berdampak pada perkembangan telepon genggam di masa sekarang. Telepon pada zaman dahulu tidak secanggih pada zaman sekarang.Maka Dari Itu , Kini keberadaan handphone/telepon sudah digantikan oleh smartphone yang semakin berkembang dengan teknologi web 2.0